03
Feb 2020
MENGENANG H.A.R TILAAR, TELADAN PENDIDIKAN YANG MEMIMPIKAN GOTONG ROYONG DAN KEMANDIRIAN PENDIDIKAN
Post by: Yayasan Cahaya Guru
Share:  
 
Mengenang H.A.R Tilaar, Teladan Pendidikan yang Memimpikan Gotong Royong dan Kemandirian Pendidikan 
 
Jakarta - Profesor Henry Alexis Rudolf Tilaar atau HAR Tilaar adalah tokoh pendidikan yang sangat peduli terhadap kemandirian, kemerdekaan, dan kebinekaan. Kepedulian itu, ditunjukkan dengan ratusan artikel dan 31 buku yang ditulisnya. Selain itu, suami Martha Tilaar ini juga tidak jarang bertemu langsung dengan guru-guru untuk saling belajar. 
 
H.A.R. Tilaar meninggal 30 Oktober 2019 lalu. Namun, kiprah dan ide-idenya masih dikenang oleh banyak orang hingga kini. Henny Supolo Sitepu, Ketua Yayasan Cahaya Guru menuturkan, kedekatan Tilaar dengan guru dinyatakan secara konkret. Tidak ada satupun undangan Yayasan Cahaya Guru yang tidak dihadirinya. 
 
"Senyumnya lebar saat pertanyaan para guru menghujaninya," kenang Henny dalam tribute to H.A.R Tilaar, Senin, 3 Februari 2020 di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
 
Acara bertema “Menyemai Benih Kemandirian Pendidikan” tersebut memberikan penghargaan terhadap Tilaar dalam dunia pendidikan di Indonesia.  
 
Iwan Pranoto, Guru Besar ITB sekaligus teman Tilaar menyatakan “Saya disarankan untuk mengkaji kunjungan Rabindranath Tagore saat berkunjung ke Jawa dan Bali lalu dia bertemu dengan Ki Hadjar Dewantoro, menurutnya itu sangat bermanfaat untuk pendidikan Kebinekaan di Indonesia”. Sambil menunjukkan isi email dari Tilaar. Menurut Iwan, sayang sekali obrolan dua tokoh pendidikan itu tidak ada dokumennya. 
 
Totok Suprayitno, Kabalitbang Kemendikbud menambahkan jika Prof H.A.R Tilaar merupakan satu diantara tokoh pendidikan yang sederhana, tidak berhenti belajar, dan setiap bicara selalu terlihat beliau terdidik.
 
“Pak Alex (sapaan akrab H.A.R Tilaar) memiliki pemikiran jauh ke depan dan sangat visioner, sebagian sejalan dengan kebijakan-kebijakan yang dijalankan Kemendikbud saat ini”, ujar Totok Suprayitno.
 
Prof H.A.R Tilaar miliki buku karya sebanyak 31 judul yang bertema pendidikan meliputi 30 buku, dan 1 buku bertema tentang kehidupan pribadi beliau yang tidak lain, menuliskan istrinya.
 
Sebagai bentuk apresiasi dan berbagi rasa hormat kepada Prof. H.A.R Tilaar, peserta yang hadir menuliskan kalimat tentang beliau, lalu direkatkan pada “pohon apresiasi” yang disediakan panitia. 
 
Salah satu pesan penting Tilaar yang lain adalah soal gotong royong. “Prinsip hidup bangsa Indonesia bukan dalam persaingan, tetapi dalam nilai gotong royong, nilai itulah yang ingin ditekankan oleh prof Tilaar, dan nilai itulah yang sebetulnya akan membawa kita menuju masa depan,” ungkap Henny Supolo Sitepu.
 
Merdeka! (FA/FI/MM)
Back
2018© YAYASAN CAHAYA GURU
DESIGN & DEVELOPMENT BY OTRO DESIGN CO.