07
Dec 2019
ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KERAGAMAN LEWAT PENGALAMAN DI SEKOLAH
Post by: Yayasan Cahaya Guru
Share:  
 

Indonesia merupakan salah satu negara dengan kebudayaan yang berlimpah. Negara yang terbentang dari Sabang sampai Marauke ini memiliki banyak kebudayaan dari masing-masing daerah. Keragaman kebudayaan yang ada di setiap tempat, merupakan cerminan betapa Indonesia kaya nilai-nilai lokal.

Sekolah Guru Kebinekaan merupakan satu di antara program dari Yayasan Cahaya Guru yang bertujuan untuk memberikan edukasi serta pemahaman mengenai isu-isu keberagaman di Indonesia bagi para guru. Program ini diharapkan menyemai nilai-nilai toleransi di lingkungan terdekat guru, dan guru menjadi rujukan untuk keragaman, kebangsaan, dan kemanusiaan.

Pada tanggal 7 Desember 2019 lalu, bersama Komar Tsuji kawan-kawan peserta guru Sekolah Guru Kebinekaan Rujukan (SGKR) melakukan analisis model pembelajaran keragaman yang ada di sekolah masing-masing, dan saling berbagi dari tentang apa yang dialami, didengar dan dirasakan.

Hasil analisis yang dilakukan oleh kawan-kawan guru peserta SGKR ini begitu menarik, karena kawan-kawan guru tidak hanya memberikan intervensi pada lingkungan kelas atau mata pelajaran yang di ampu, namun telah banyak memberikan dampak pada kegiatan di lingkungan sekolah.

Tak hanya saling berbagi pengalaman setelah analisis bersama, kawan-kawan guru pun mendapatkan kesempatan mendapatkan masukan dari pendengar kunci kami yaitu Ibu Henny Supolo, yang saat kegiatan tersebut menjadi cermin bagi seluruh kawan-kawan guru.

Salam keragaman! [FA]

#SGKR #SGKR2

Back
2023© YAYASAN CAHAYA GURU
DESIGN & DEVELOPMENT BY OTRO DESIGN CO.