17
May 2019
MENGANTARKAN MURID MENYONGSONG MASA DEPAN GEMILANG ADALAH TANGGUNG JAWAB BERSAMA
Post by: Yayasan Cahaya Guru
Share:  
 

Jakarta - Jumat (17/05/19) Ketua Yayasan Cahaya Guru Henny Supolomenjadi satu diantara pemantik dalam Focus Group Discussion yang diselenggarakan oleh Aliansi Kebangsaan dengan topik "Pendidikan Mewujudkan Manusia Pembelajar Kreatif", bertempat di Golden Ballroom Hotel Sultan Jakarta.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir guru, dosen, pakar pendidikan, dan para aktivis pendidikan, yang urun ide serta berbagi untuk menginspirasi satu dengan lainnya untuk kebaikan dan perbaikan bersama dalam dunia pendidikan Indonesia, agar peserta didik dapat menyongsong masa depan yang gemilang.

"Untuk mempersiapkan peserta didik menyongsong masa depan gemilang setidaknya ada empat keterampilan yang dibutuhkan, yaitu kemampuan berkomunikasi, kemampuan kerjasama, kemempuan berpikir, kritis (berpikir diluar box), serta kreatif (solusi masalah)", unggap Henny Supolo.

Empat kemampuan tersebut mau tidak mau, hadir didasari dengan kesadaran akan keragaman, karena tanpa itu semua peserta didik akan melakukannya dengan gagap. Dan hal tersebut pula mengisyaratkan kemerdekaan berfikir yang menjadi salah satu pesan bapak Pendidikan Indonesia, yaitu Ki Hadjar Dewantoro.

Kemerdakaan berpikir tidak hanya perlu dihadirkan pada peserta didik, tapi juga dibutuhkan oleh para guru serta orang tua, karena masuk dalam tiga pusat (tri sentra) pendidikan yang perlu saling mengimbangi dan mengisi satu dengan lainnya.

"Tanggung jawab untuk mengantarkan para murid untuk menyongsong masa depan bukan hanya menjadi tanggung jawab Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan saja, namun juga menjadi tanggung jawab kita bersama karena dalam bidang pendidikan terlalu besar untuk diberikan kepada sebuah lembaga semata", tutur Hennya Supolo. (FI)

Back
2018© YAYASAN CAHAYA GURU
DESIGN & DEVELOPMENT BY OTRO DESIGN CO.