TENTANG KAMI

Dilatarbelakangi kesadaran pentingnya peran guru untuk peningkatan mutu pendidikan, beberapa anggota masyarakat yang peduli bersama dengan PT Insight Investment Management menggagas didirikannya Yayasan Cahaya Guru. Yayasan Cahaya Guru diperkenalkan pada umum pada tanggal 15 Nopember 2006. Sejak saat itu sampai dengan Desember 2014, sekitar 9.800 guru dari sekitar 4.000 sekolah telah berpartisipasi dan mendapatkan manfaat dari berbagai program peningkatan kualitas dan kapasitas guru.

Memulai dengan kegiatan pelatihan pengelolaan kelas dengan menggunakan potensi lingkungan di tahun 2007, kami menemukan berbagai fakta "menarik". Diantaranya adalah, tidak sampai 5% dari sekitar 4500 guru peserta pelatihan sampai tahun 2010, pernah membaca dokumen kurikulum. Tercatat juga keluhan sulit menemukan pelatihan yang sungguh-sungguh dibutuhkan. Temuan lain yang juga nampak jelas adalah berkurangnya wawasan keragaman di sekolah negeri.

Dengan kesadaran penuh bahwa keragaman erat hubungannya dengan esksitensi bangsa ini, sejak 2010 sampai saat ini kami memusatkan energi pada isu keragaman dan kebangsaan. Kami berpandangan, kemampuan dan kualitas seorang guru menjadi tidak berarti ketika wawasan kebangsaannya menyempit. Masa depan Indonesia sangat tergantung pada kebanggaan berbangsa anak-anak yang dilandasi oleh pemahamannya mengenai kebinekaan kita. Yayasan Cahaya Guru memberikan berbagai pelatihan, workshop dan FGD dengan topik ?Guru, Kebangsaan dan Keragaman?, menggunakan berbagai pendekatan. Kami memiliki mitra untuk penguat konten (LBH Jakarta, LBH Padang, ICRP, Majalah Bobo). Kami juga mengadakan kegiatan Apresiasi Seni Pertunjukan sebagai pintu masuk pengembangan wawasan keragaman guru. Pada saat ksama, kami pun melaksanakan penelitian terbatas dan menyusun buku panduan Beragam bukan Seragam sebagai salah satu buku modul untuk dibaca dan dipertimbangkan para guru.





VISI

Guru yang menjadi rujukan keragaman, kebangsaan dan kemanusiaan

MISI
  • Mengembangkan kajian keragaman, kebangsaan dan kemanusiaan dalam dunia pendidikan
  • Meningkatkan kapasitas guru dalam isu keragaman, kebangsaan dan kemanusiaan
  • Melakukan advokasi kebijakan pendidikan keragaman, kebangsaan dan kemanusiaan
  • Melakukan promosi keragaman, kebangsaan dan kemanusiaan dalam dunia pendidikan
MISI

1. Pengembangan profesionalitas dan integritas guru dilaksanakan melalui kegiatan pelatihan, workshop dan seminar. Kegiatan tersebut dimulai dari pendataan potensi lingkungan sebagai upaya memberi makna dan konteks pada setiap kegiatan pembelajaran. Hal ini merupakan titik awal dalam pengembangan motivasi, kreatifitas, kejujuran, kepekaan, keteladanan dan kepemimpinan guru.

2. Saat menyadari potensi yang dimiliki, guru akan dapat mengembangkan dan mengoptimalkan berbagai sarana untuk mendukung bermacam-macam metode pembelajaran. Dalam hal ini YCG memberikan bantuan berupa buku-buku dan alat-alat peraga.

3. Peningkatan kesejahteraan guru telah kami lakukan dari berbagai sisi, diantaranya pemeriksaan kesehatan, wisata sejarah serta apresiasi karya seni berkualitas, kegiatan para maestro kesenian di Jakarta





SUSUNAN PENGURUS
DEWAN PEMBINA
Imam B. Prasodjo
Kemal A. Stamboel
Shahnaz Haque
 
 
 
 
 
 
DEWAN PENGAWAS
Arief Surowidjojo
Lelyana Santosa
 
 
 
 
 
 
 
DEWAN PENGURUS
Ketua
Henny Supolo Sitepu
Bendahara
Wrenges Widyastuti
Pelaksana Harian
Henny Girarda
Program Pelatihan
Komar (Koordinator)
Sudarno Lalung
KEGIATAN INTERNAL
Sekilas Pelatihan Pengembangan Model...
20-Oct-2011
Pencapaian Cahaya Guru 2006-2010
20-Jun-2011
GURU HEBAT, OK, & SEHAT DI PELATIHAN GURU...
12-Apr-2011
Jadwal Kegiatan
31-Mar-2011
Program 2011
12-Jan-2011
Lokakarya Pluralisme Dan HAM
27-Dec-2010
Mengapresiasi Teater
15-Oct-2010
Mempersiapkan Pelatih Pengelolaan Kelas
13-Oct-2010
2016© YAYASAN CAHAYA GURU
DESIGN & DEVELOPMENT BY OTRO DESIGN CO.