15
Mar 2019
SALING BERBAGI DENGAN MASYARAKAT PATANI
Post by: Yayasan Cahaya Guru
Share:  
 

Jakarta – Jumat (15/03/2019) Yayasan Cahaya Guru menerima kunjungan dari rekan-rekan aktivis pendidikan Patani, Thailand Selatan. Kunjungan tersebut merupakan rangkaian kegiatan bertajuk, “Membangun Solidaritas Masyarakat Sipil Patani dan Indonesia untuk Demokrasi, Hak Asasi Manusia, dan Perdamaian”, yang diselenggarakan oleh LBH Jakarta serta Muslim Attorney Center (MAC) Thailand.

Kegiatan tersebut menjadi ruang jumpa bagi rekan-rekan akvitis pendidikan Patani, dengan Yayasan Cahaya Guru dan saling belajar tentang isu pendidikan. Kami pun mendapatkan banyak pembelajaran terutama membangun semangat belajar di tengah kondisi masyarakat yang tidak nyaman.

Kami juga turut berbagi metode untuk para guru menemukenali potensi diri, lingkungan, dan menggunakannya untuk kebaikan bersama. 
Adapun saat berbicara pada isu konflik, kami saling belajar dengan melihat konteks Maluku dan Papua pada wilayah Indonesia untuk mendapatkan frekuensi yang sama dengan kawan-kawan dari Patani.

Rekan-rekan aktivis pendidikan Patani menceritakan kondisi represif dan diskriminatif yang terjadi pada guru, sehingga perlu masukan untuk mengembangkan pendidikan keragaman dan menjadikan guru sebagai rujukan, yang pada akhirnya dapat memberikan inspirasi jangka panjang pada peserta didik dalam menyongsong masa depan yang gemilang.

George Sicillia, Henny Giarda, Komar Kasman, serta Muhammad Mukhlisin menjadi teman belajar bagi rekan-rekan aktivis Patani. (FI)

Back
2018© YAYASAN CAHAYA GURU
DESIGN & DEVELOPMENT BY OTRO DESIGN CO.