14
Jan 2019
KENALI KEKUATAN KITA, LINGKUNGAN DAN GUNAKAN UNTUK KEBAIKAN BERSAMA
Post by: Admin
Share:  
 

Ketua Yayasan Cahaya Guru, Henny Supolo Sitepu menuturkan dalam sambutannya, Sekolah merupakan tempat untuk mengenalkan anak murid kepada potensi lingkungan yang ada di sekitarnya. Beragamnya potensi itu perlu untuk dikenali dan digunakan untuk perbaikan bersama.

“Kita harus tahu persis kekuatan kita, mengenali kekuatan lingkungan dan menggunakannya untuk kebaikan bersama. Setiap kekuatan perlu diwartakan untuk menjadi inspirasi bagi kawan-kawan lainnya. Demikian ungkap Henny Supolo.

Guru-guru kemudian melakukan diskusi kelompok untuk menemukan potensi-potensi lingkungan yang beragam tersebut. Beberapa guru mengungkapkan bahwa daerah Cisarua saat ini semakin ramai dengan adanya potensi wisata alam Gunung Bongkong dan Gunung Parang.

Oleh sebab itu, para guru perlu membekali muridnya untuk menghadapi para wisatawan yang semakin ramai. Beberapa kompetensi yang perlu disiapkan guru adalah berpikir kritis, kreatif, kemampuan komunikasi dan kerja sama.

Beberapa guru juga mengkhawatirkan kondisi lingkungan yang semakin memburuk untuk kesehatan siswa. Misalnya, dengan meningkatnya industri pertambangan membuat semakin seringnya kendaraan besar hilir mudik melewati sekolah. Hal ini menyebabkan kondisi udara memburuk karena polusi dari kendaraan dan debu jalanan.

Beberapa kali pihak sekolah sudah mencoba untuk berkomunikasi dan mencari jalan keluar. Namun sampai sekarang masih belum menemui solusinya. Beberapa guru berinisiatif untuk membelikan masker anak muridnya untuk mencegah terjadinya infeksi akibat udara kotor.

Deni Rudiman, S.Pd guru perwakilan dari SD Negeri 2 Pasanggrahan menyatakan bahwa, kesempatan berbagi yang terjadi merupakan hal baru yang menjadi penguatan bagi proses pembelajaran yang telah dilakukannya selama ini. “Saya sering kagok untuk bercerita tentang apa yang sudah saya lakukan karena kuatir dianggap mengajari. Dengan berbagi memakai pengalaman sebagai dasar diskusi saya rasa kita semua bisa belajar lebih banyak”. (MM)

Back
2018© YAYASAN CAHAYA GURU
DESIGN & DEVELOPMENT BY OTRO DESIGN CO.