05
Dec 2018
PENTINGNYA GURU MENGGALI POTENSI DAN ANCAMAN LINGKUNGAN
Post by: Yayasan Cahaya Guru
Share:  
 

Menyadari potensi lingkungan akan membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran bersama siswa. Guru dapat juga memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah untuk menyemai karakter siswa.

“Guru dapat bekerja sama dengan ibu kantin atau pedagang di sekitar sekolah untuk menanamkan sikap kejujuran” kata Wiwin Widiawati, Guru SDN 2 Widoro, Pacitan, saat Pelatihan Guru Kebinekaan bersama Yayasan Cahaya Guru (YCG), Sabtu, 24 November 2018. Proses dialog dengan pedagang di sekitar sekolah, menurut Wiwin, juga penting dilakukan untuk menjaga jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi anak. Jangan sampai ada yang menggunakan bahan-bahan berbajaya.

Hal yang berbeda diungkapkan oleh Kusama Wardani, Guru SMKN 2 Donorojo, Pacitan. Menurutnya, selain menyadari potensi positif lingkungan, Guru perlu juga menyadari ancaman dari lingkungan. Misalnya, Pacitan yang terletak di garis pantai selatan Jawa perlu antisipasi ancaman bencana alam, seperti gempa dan tsunami.

“Bagaimana jika terjadi gempa dan tsunami? Apa yang perlu kita ajarkan kepada siswa?” ucapnya penuh khawatir.

Komar, fasilitator YCG menuturkan, jika terjadi gempa maka segera berlindung dan jangan panik, setelah gempa reda, ajak anak murid keluar dengan tertib. Jangan saling dorong. Kemudian beberapa guru melakukan simulasi bersama.

“Simulasi akan membantu siswa untuk tidak panik dan tahu apa yang perlu dikerjakan jika terjadi bencana alam” tegas Komar.

Pacitan saat ini sedang ramai menjadi tujuan wisatawan. Di sana kita bisa menjumpai pantai-pantai yang cantik dan goa-goa yang eksotis. Sayangnya, pengelolaan sampah tidak diantisipasi dengan baik. Oleh sebab itu, Evi Nur Mitayani, Guru SDN 3 Sendang, Pacitan, mengajarkan bagaimana memanfaatkan sampah-sampah menjadi barang berguna, terutama sampah plastik. [MM]

Back
2018© YAYASAN CAHAYA GURU
DESIGN & DEVELOPMENT BY OTRO DESIGN CO.