04
Dec 2018
PERSOALAN MURID BERAGAM, GURU PERLU KERJA SAMA
Post by: Yayasan Cahaya Guru
Share:  
 

Tantangan guru dalam mendidik dan mengajar murid semakin beragam. Keunikan siswa perlu dipahami dan disikapi dengan bijaksana. Selain itu, para guru perlu menyamakan persepsi dan membangun kerja sama tim yang kuat untuk menyikapi segala persoalan siswa.

“Sebagai guru kita perlu penyamaan pandangan, meningkatkan komunikasi dengan orang tua, serta melakukan pendekatan intensif dengan anak dan memotivasinya.” Demikian ungkap Erlina Sulistyawati, Guru Bimbingan dan Konseling (BK) SMPN 2 Gedangsari, Gunungkidul pada Diskusi Kelompok Terfokus bersama Yayasan Cahaya Guru (YCG), Jum’at, 23 November 2018.

Di Gedangsari, tidak jarang ditemukan siswa yang kurang beruntung dari segi ekonomi, dan minimnya kasih sayang keluarga. Selain itu, jarak jauh antara sekolah dan rumah siswa juga menjadi tantangan tersendiri. Beberapa siswa tidak bisa ikut kegiatan ekstrakurikuler karena mereka harus pulang tidak terlalu larut.

“Kerja sama antar guru harus terus ditingkatkan untuk menguatkan keragaman. Bersama membangun program nyata, dan saling memotivasi antar guru.” Ungkap Suwarto, Guru SDN Gupit, Gunungkidul. [MM]

Back
2018© YAYASAN CAHAYA GURU
DESIGN & DEVELOPMENT BY OTRO DESIGN CO.