24
Sep 2018
KEARIFAN LOKAL DARI GUNUNGKIDUL UNTUK MASA DEPAN ANAK GEMILANG
Post by: Admin
Share:  
 

‘’Indonesia tanah yang suci, jangan dikotori, jangan dikotori dengan korupsi’’

-Endang Rustini-

Itulah ungkapan dari Endang Rustini guru SMK Negeri 2 Gedangsari, pada saat memberikan makna yang paling menarik pada lagu Indonesia 3 stanza. Menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza merupakan hal wajib pada seluruh kegiatan Yayasan Cahaya Guru.

Bertempat di SMK Negeri 2 Gedangsari, Yayasan Cahaya Guru melakukan pelatihan kepada 55 guru di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Kegiatan awal yang dilakukan ialah, menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza, kemudian para guru diminta untuk memilih kata dan memaknai apa yang telah dipilih dari lagu Indonesia Raya tiga stanza tersebut.

Memberikan pemaknaan kepada lagu Indonesia Raya, merupakan momentum untukmerenung tentang nilai kebangsaan, dan memupuk rasa cinta akan tanah air.Setelah memberikan pemaknaan pada salah satu nilai kebangsaan, fasilitator mengajak para guru untuk melihat kearifan lokal yang lebih dekat dengan lingkungan dimana para guru tinggal.

Bersama para guru, kamibelajar menggali kearifan lokal,serta keberagaman masyarakat yang mampu dikembangkan dalam mempersiapkan masa depanbagipeserta didik.Metode yang gunakan pada saat itu ialah mengarang berantai, para guru diajak untuk menulis sebuah narasi, yang kemudian narasi tersebut dilanjutkan oleh guru lainnya.

Dari mengarang berantai tersebut, para fasilitator menemukan beberapa kata kunci kearifan lokal yang ada di Gunungkidul, seperti, Rasulan, Cing-cing Goling, Cupu Panjala dan Upacara Labuh.

Kearifan yang ditemukan oleh para fasilitator Yayasan Cahaya Guru tersebut, merupakan kegiatan yang seharusnya disadari oleh para guru, untuk memberikan pemahaman keragaman atas kearifan lokal dan kekayaan budaya serta alam yang dimiliki.

Kesadaran tersebut tak boleh berhenti pada guru, namun juga harus disampaikan kepada anak, agar anak-anak dapat mengetahui potensi lingkungan dan dapat meraih masa depan yang gemilang.

Back
2018© YAYASAN CAHAYA GURU
DESIGN & DEVELOPMENT BY OTRO DESIGN CO.