25
Jul 2018
SMP NEGERI 4 PANDAK : TUMBUHKAN RASA CINTA KEBANGSAAN DENGAN BERNYANYI
Post by: Admin
Share:  
 

Murid-murid menyalami satu persatu guru yang ada di pelataran gerbang, bel sekolah pun berbunyi. Penjaga sekolah dengan sigap menutup gerbang sekolah, walau masih ada beberapa peserta didik di luar gerbang. Sumber suara memberitakan lagu Indonesia Raya akan dikumandangkan, seluruh elemen sekolah berdiri dengan sikap sempurna, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan penuh khidmat hingga lagu selesai.

Begitulah suasana pagi hari di SMP Negeri 4 Pandak, Bantul, membangun rasa saling menghormati antar nara didik dan peserta didik dengan saling senyum, salam dan sapa pada pagi hari. Hal tersebut menjadi media seluruh elemen sekolah, untuk lebih mengenal dan memberikan perhatian satu sama lain.

Perancang pelbagai kegiatan di SMP Negeri 4 Pandak, adalah Retno Yuliastuti yang telah menjadi Kepala Sekolah dua tahun belakangan. Pelbagai perubahan dilakukan secara progresif untuk menjadi suasana sekolah yang lebih nyaman, selain dari itu penyusunan tata kelola administrasi sekolah diperbaiki secara bertahap.

Tak luput pula, membangun rasa kecintaan kepada negara, dengan menyanyikan lagu kebangsaan setiap pagi hari sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Jiwa yang mencintai tanah air, boleh jadi dapat terbangun dengan media menyanyikan lagu kebangsaan. Kesadaran tersebut dihadirkan tak hanya kepada peserta didik, tapi kepada seluruh elemen sekolah yang ada.

“Penting menghadirkan kecintaan kepada tanah air Indonesia, yang diwujudkan oleh sekolah ini dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya setiap sebelum memulai pelajaran dan kegiatan sekolah,” ungkap Retno.

Kesadaran dalam menjaga lingkungan pun ditanamkan pada sekolah ini, mulai dari kesadaran memilah sampah secara tepat, juga mengurangi konsumsi plastik atas apa yang dibeli di kantin sekolah. Sekolah pun memberikan fasilitas gelas dan piring kepada peserta didik, yang mana di kantin sekolah hampir bersih dari penggunaan kemasan plastik.

“Menumbuhkan rasa kepemilikan terhadap sekolah dapat dilakukan dengan pelbagai kegiatan dan pengadaan fasilitas publik seperti taman-taman di depan kelas. Selain fasilitas taman, dihadirkan juga pelbagai tanaman seperti pelbagai tanaman cabai, pelbagai pohon, dan beberapa jenis bunga anggrek. Hal tersebut juga memberikan rasa nyaman saat berada di sekolah,” tutup Retno.

Back
2018© YAYASAN CAHAYA GURU
DESIGN & DEVELOPMENT BY OTRO DESIGN CO.