09
Aug 2017
Peribadatan Lintas Agama
Post by: Admin
#SGK2017 #Pertemuan06
 
Upaya merajut harmoni antar umat beragama dapat dilakukan salah satunya dengan membuka ruang-ruang perjumpaan antar pemeluk agama lain. Seperti yang dilakukan oleh guru-guru peserta Sekolah Guru Keberagaman (SGK) Sabtu pekan lalu. Pada sesi ke-6 ini mereka mengunjungi tempat peribadatan lintas agama. Di mulai dari Mesjid Istiqlal, dilanjutkan ke Gereja Katedral, dan diakhiri di Vihara Dhammacakka Jaya.
 
Dalam setiap perjumpaan pasti ada pengalaman baru yang didapatkan. Dalam kunjungan ini, para peserta menggunakan seluruh penginderaan yang mereka miliki untuk melihat, merasa dan memahami setiap nuansa yang dihadirkan di dalamnya. Tempat ibadah tidak semata-mata menjadi ruang ritual, namun sarat akan kepelbagaiannya. Melalui paparan pemandu, para peserta dapat menemukan kejelasan historis dan arti filosofis dari sebuah ritual, bangunan fisiknya serta detail-detail ornamen yang menyertai.
 
Harapan melalui kegitan ini, para guru sebagai rujukan keragaman, kemanusiaan, kebangsaan ini menjadi lebih terbuka terhadap ‘yang lain’ (the others), tumbuhnya sikap toleransi, dan kerukunan antar umat beragama demi mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa. Kenyataannya, para guru pun sepakat merasakan ada sebuah harmoni cinta damai dan nilai-nilai kemanusiaan yang tersemai dalam setiap ajaran agama. Ketakutan, ketidakjelasan pengetahuan seolah sirna sekejab dalam kunjungan singkat nan bermakna ini.
Back
2018© YAYASAN CAHAYA GURU
DESIGN & DEVELOPMENT BY OTRO DESIGN CO.