07
Aug 2017
Kunjungan ke Pura Aditya Jaya Rawamangun
Post by: Admin
Share:  
 
#SGK2017 #Pertemuan06
 
Pura adalah tempat ibadah umat Hindu. Berada di Pura selalu menenteramkan karena manusia dan alam seolah menyatu dalam puja dan syukur pada Sang Hyang Widi Wasa.
 
Pak Nyoman menyampaikan bahwa salah satu ajaran Hindu adalah Tri Hita Karana dimana umat belajar untuk hidup dalam harmoni dengan Tuhan, dengan sesama manusia dan dengan alam semesta. Tidak akan ada yang tersakiti bila semua berusaha hidup dalam harmoni dan memilah tiap urusannya dengan bijak sehingga muncul dalam pikir, laku dan tutur yang tepat.
 
Salah satu topik yang diangkat oleh peserta adalah tentang kasta. Menurut pak Nyoman, benar adanya bahwa Hindu mengenal pembagian kasta dalam artian pembagian peran. Tetapi ia menekankan, saat ini yang paling penting untuk manusia bukanlah pada kasta tetapi pada pemikiran, perkataan dan perbuatan.
 
Pak Nyoman dan kawan-kawan di Pura Aditya Jaya Rawamangun selalu senang menerima umat beragama lain yang datang hendak berdialog dalam semangat keragaman dan kecintaan pada tanah air. Tak lupa para peserta SGK diajak menyanyikan lagu Padamu Negeri. Jadi, apapun agamamu, kita berbakti dan mengabdi bagi Indonesia yang satu.
Back
2018© YAYASAN CAHAYA GURU
DESIGN & DEVELOPMENT BY OTRO DESIGN CO.