05
Aug 2017
Kunjungan Ke Masjid Istiqlal
Post by: Admin
Share:  
 
#SGK2017 #Pertemuan06
 
Ada tiga bangunan yang dibangun setelah kemerdekaan, walaupun proses penyelesaiannya berbeda-beda, yaitu Monumen Nasional, Gelora Bung Karno dan Masjid Istiqlal. Destinasi peserta SGK setelah Katedral adalah Masjid Istiqlal. Tahukah kawan-kawan guru, Istiqlal itu artinya ya memang kemerdekaan.
 
Pak Abu Hurairoh, bagian protokol Masjid Istiqlal kali ini menjadi teman belajar para guru. Dengan semangat, ia menjelaskan proses pembangunan masjid, struktur bangunan, aktivitas-aktivitas yang ada di masjid, perjumpaan antara Islam dan budaya nusantara, serta pengelolaan masjid. Oya, pak Abu juga menunjukkan Silaban's dome yang mendunia itu. Keren!
 
Salah satu topik yang mencuat saat diskusi adalah tentang radikalisme. Kata pak Abu, semangat kemerdekaan yang mengiringi pendirian Istiqlal menjadikan masjid ini terbuka pada semua yang hadir. Tapi ada tapinya, jangan bawa-bawa kepentingan pribadi ataupun kelompok, apalagi yang berhubungan dengan politik praktis. Pak Abu juga menegaskan bahwa bineka itu memang realitas kita sebagai bangsa Indonesia.
Back
2018© YAYASAN CAHAYA GURU
DESIGN & DEVELOPMENT BY OTRO DESIGN CO.