16
Jul 2017
Belajar Tentang Diskriminasi
Post by: Admin
#PGK2017 #SumatraUtara
 
Kita semua mungkin berangkat dari satu titik yang sama. Terlahir sebagai manusia tanpa embel-embel apapun. Tetapi konstruksi sosial yang ditengarai dengan pengabaian, pembedaan dan pengutamaan pribadi atau kelompok tertentu mengakibatkan satu sama lain makin berjarak. Awalnya hanya sedikit, lama-lama makin menjauh.
 
Sebagian kita mungkin terlalu asyik berada di zona nyaman. Selalu terdepan tanpa hambatan berarti. Sebagian lagi tetap optimis untuk berusaha lebih keras karena dia masih punya harapan walau jalan di depan tak mulus. Tetapi tak jarang, jarak yang tercipta oleh pengabaian, pembedaan dan pengutamaan itu terlalu lebar. Jangankan untuk berusaha, bertahan pun nyaris sulit. Mereka tertinggal terlalu jauh. Tak sanggup berkompetisi dengan yang lain untuk menggapai kesejahteraan atau sekadar mengambil peran dalam kehidupan bersama.
 
Bagaimana para guru belajar tentang apa itu diskriminasi? Bagaimana para guru belajar empati dan berada pada posisi orang lain? Kami melakukannya melalui permainan. Di satu sisi, sangat seru. Di sisi lain, semua terhenyak karena kadang diskriminasi itu begitu dekat sekali dengan keseharian kita.
Back
2018© YAYASAN CAHAYA GURU
DESIGN & DEVELOPMENT BY OTRO DESIGN CO.