16
Jul 2017
Komunikasi, Kolaborasi, Kreatif, dan Berpikir Kritis
Post by: Admin
Share:  
 
#PGK2017 #SumatraUtara
 
Menjadi teman belajar para guru selalu menyenangkan. Selalu ada semangat untuk berbagi dan berbagi. Apalagi sesi ini dihantar oleh lantunan doa dari beragam agama. Selain pemaknaan terhadap baris-baris lirik lagu kebangsaan Indonesia Raya, hal lain yang kami lakukan adalah berbagi tentang filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara.
 
Tri Sentra Pendidikan itu perlu berbagi peran dan harapan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa ini. Tantangan pendidikan abad 21 adalah menghadirkan manusia-manusia pembelajar dengan kompetensi 4K yaitu komunikasi, kolaborasi, kreatif, dan berpikir kritis. Semuanya itu mungkin adanya bila kita menjadi manusia merdeka. Bukankah filosofi kita adalah memerdekakan manusia dan memanusiakan manusia? Ataukah, jangan-jangan ketidakmerdekaan telah membuat para guru tak bahagia dan tak pernah melangkah untuk mendefinisikan bahagia itu bersama para murid?
 
Dibimbing oleh ibu Henny Supolo Sitepu, para guru pun diajak menengok lagi kekuatan yang ada pada diri mereka dan berbagi. Kenali potensi dirimu, kenali potensi lingkunganmu, gunakan keduanya untuk perbaikan dan kebaikan semesta.
Back
2018© YAYASAN CAHAYA GURU
DESIGN & DEVELOPMENT BY OTRO DESIGN CO.