20
Oct
2011
Sekilas Pelatihan Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Berbasis Potensi Lingkungan
Post by: Admin
Pangandaran, 24 September 2011 - Pelatihan Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Berbasis Potensi Lingkungan bagi 52 Guru Penjaskes tingkat TK, SD, SMP, dan SMA Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat berjalan lancar. Secara umum proses pelaksanaan berlangsung menyenangkan dan peserta menunjukkan antusiasme yang kuat mulai dari sesi satu sampai berakhir kegiatan pelatihan.
semangatnya para guru pjok
Dari awal, peserta sangat bersemangat
Sesi satu dimulai dengan permainan bola gebok, tarik ekor, dan lempar bola. Tiga permainan itu masing-masing bertujuan untuk memperkuat unsur kelincahan, daya tahan, dan kordinasi dalam Penjasorkes.
permainan
Kombinasi berbagai macam permainan
Pada sesi dua peserta diminta membuat rancangan permainan dan alatnya yang berbasis potensi lingkungan setempat melalui diskusi kelompok dan hasilnya dipresentasikan. Terkumpul sejumlah permainan dan alat yang dihasilkan peserta, dan sangat kental pemanfaatan potensi lingkungannya, seperti permainan boy-boyan yang menggunakan pecahan genteng dan bola dari koran bekas.
campuran pangandaran
Hasil rancangan dan alat permainan
Pada sesi akhir pelatihan, peserta secara individual membuat rancangan permainan yang akan dilakukan di sekolahnya masing-masing. Acara ditutup dengan refleksi atas pentingnya kreativitas dan tanggung jawab sebagai guru dalam mewujudkan proses pembelajaran yang menyenangkan sehingga menumbuhkan minat belajar siswa.
Ketika diminta mengutarakan satu kata yang mewakili perasaannya dalam pelatihan ini, peserta menyampaikan kata-kata antara lain: mantap, bermanfaat, top,hebat, puas, dan terima kasih.
2016© YAYASAN CAHAYA GURU
DESIGN & DEVELOPMENT BY OTRO DESIGN CO.