12
Apr
2011
GURU HEBAT, OK, & SEHAT DI PELATIHAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN PURWAKARTA BERSAMA FIF
Post by: Admin

Purwakarta, 9 April 2011 - Sebagai bentuk nyata kepedulian terhadap dunia pendidikan, PT Federal International Finance (FIF) mengadakan Pelatihan Guru Pendidikan Jasmani Kesehatan (Penjaskes) di Purwakarta bekerjasama dengan Yayasan Cahaya Guru. Kali ini sebanyak 110 guru Penjaskes tingkat SD Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat, Kecamatan Manis, Tegalwaru, Plered, dan Sukasari Kabupaten Purwakarta berkesempatan mengikuti pelatihan guru yang diselenggarakan untuk kesekian kalinya oleh FIF.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan "Program Pengembangan 2.100 Guru di Indonesia Dalam Rangka 21 Tahun FIF ". Waktu keseluruhan program akan dilaksanakan dari bulan Juli 2010 sampai Juli 2011. Adapun program tersebut dibagi menjadi 3 kategori besar yaitu, Pelatihan Guru, Bantuan Kesejahteraan Guru, dan Bantuan perlengkapan belajar mengajar yang nantinya ketiga kategori tersebut akan dijabarkan ke dalam kegiatan atau program yang lebih fokus lagi.

ceria

Cerianya Peserta Guru Penjaskes
 

Pelatihan guru kali ini agak berbeda dengan sebelumnya, karena pesertanya semua adalah guru penjaskes, terlihat dari cara mereka berpakaian yang sangat 'sporty' dan bahkan penyediaan snack pagi (makanan ringan) yang dirubah menjadi makanan berat (nasi), ujar Henny Girarda salah satu pengurus harian yayasan cahaya guru. Hal ini juga sangat perlu diantisipasi, karena aktifitas pelatihan kali ini akan memakan banyak tenaga para peserta seharian untuk berolahraga dan kegiatan kreatif lainnya.

waduk_cirata

Waduk Cirata
 
Lokasi pelatihan kali ini juga merupakan aplikasi sinergi tanpa batas, dimana diadakan di Badan Pengelola Waduk Cirata (BPWC) dengan luas 43.777,6 ha terdiri dari 37.577,6 ha wilayah daratan dan 6.200 ha wilayah perairan, dimiliki oleh PLN (Perusahaan Listrik Negara). Untuk mencapai lokasi tersebut dibutuhkan waktu sekitar 2 jam 30 menit dari Jakarta bagi panitia FIF Head Office dan 30 menit sd 1 jam untuk para peserta guru dari 4 kecamatan di Purwakarta. Sebelum mencapai lokasi tersebut kami melewati daerah Plered, yang sudah sejak lama sangat terkenal akan kerajinan tembikar/tanah liat, berbentuk pot, celengan, dan kerajinan lainnya yang kami rasa sangat indah. Jalan berliku dengan pemandangan tebing curam dan peringatan 'awas longsor' di sisi kanan, jurang di sisi kiri, dan vegetasi tanaman khas dataran tinggi seperti pinus dan paku-pakuan, terlihat menyatu dan sangat indah. Memasuki area waduk dan jembatan penghubung, pemandangannya sungguh fantastis dan menyegarkan, danau buatan berlogo khas PLN, yang dibentuk untuk waduk tersebut memberikan sensasi memuaskan dan kokoh .

komponen_kebugaran

Komponen kebugaran jasmani dalam bentuk permainan yang menyenangkan

"Dari 10 komponen kebugaran jasmani, ada 3 hal yang akan diajarkan kepada para peserta, yaitu Daya Tahan, Koordinasi, dan Kelincahan", ujar Misri, salah seorang trainer dari Cahaya Guru. Dalam komponen Daya Tahan, para peserta diajarkan mengenai kemampuan seseorang dalam mempergunakan sistem jantung, paru-paru, dan peredaran darahnya secara efektif dan efisien untuk menjalankan kerja secara terus menerus. Untuk Koordinasi, para peserta diajarkan mengenai kemampuan seseorang mengintegrasikan berbagai gerakan yang berbeda ke dalam pola gerakan tunggal secara efektif. Untuk hal kelincahan, para peserta diajarkan mengenai kemampuan seseorang mengubah posisi dan sikap badan di area tertentu secara cepat.Ketiganya menjadi bagian yang perlu dikembangkan oleh para guru peserta kepada siswa di sekolahnya selepas pelatihan ini dengan baik. Penyampaian materi dilakukan dengan cara membagi seluruh peserta menjadi 3 kelompok yang berputar dengan mentornya masing-masing pada 3 lokasi yang berbeda, yaitu di aula, lapangan parkir, dan lapangan tenis.

bola_gebok

'Bola Gebok' yang terbuat dari koran dan kaos kaki bekas

Tidak dapat dipungkiri bahwa mengajarkan atau melatih daya tahan pada siswa terutama sekolah dasar bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan kegiatan permainan yang tidak membuat mereka bosan, bahkan akan menjadi senang dan tidak menyadari mereka berlatih daya tahan, seperti yang dipraktekkan di area lapangan tenis. Para peserta guru, bermain Bola Gebok, dimana bolanya terdiri dari 2 jenis yang terbuat secara kreatif dari koran yang dibentuk dgn lakban dan kaos kaki bekas yang diisi biji jagung/kacang hijau. Apabila hal ini dipraktekkan di sekolah, akan sangat menarik kreatifitas siswa dan aman digunakan. Berbeda dengan area lapangan parkir, kreatifitas permainan yang diajarkan adalah tarik ekor yang dibuat dari koran bekas, dimana mengajarkan mengenai kelincahan dan daya tahan. Di aula, para peserta berdendang menggunakan lagu tertentu sambil melakukan gerakan-gerakan tertentu menggunakan bola yang mengajarkan kelincahan dan koordinasi.

pembukaan

Pembukaan acara Pelatihan Guru
 
Acara yang dibuka oleh Kabid Pora Diknas Purwakarta, Aep Durrahman, secara 'on time' jam 08:00 WIB ini, memang sangat dinantikan oleh para guru penjaskes di Purwakarta. Beliau mewakili Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta, menyatakan bahwa kegiatan ini memiliki kontribusi positif kepada para guru penjaskes dan memang sudah selayaknya menjadi tanggung jawab semua pihak bukan hanya pemerintah tetapi juga perusahaan sebagai pihak swasta dan masyarakat. Beliau berharap, selepas dari pelatihan ini, para guru mampu mengemban amanah dan lebih profesional dalam mengajar di sekolah.
 
"Alasan mendasar mengapa program tersebut dilakukan adalah karena FIF sebagai salah satu anak perusahaan dari PT Astra Internasional Tbk, merasa perlu untuk ikut terlibat dan peduli terhadap pendidikan di negara kita tercinta ini, terutama peningkatan kualitas guru", ujar Suhartono, Presiden Direktur FIF. Guru merupakan sosok yang memberikan panutan dan memberikan ilmu bagi generasi penerus bangsa, oleh sebab itu FIF berkomitmen memberikan berbagai pelatihan untuk para guru demi memberikan motivasi dan pembelajaran anak-anak yang lebih baik. Ini merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility dari FIF.
 
"Pelatihan ini sangat penting bagi Guru Penjaskes untuk memahami dan menemukan dasar-dasar potensi kinestetik siswa, dengan menggunakan potensi lingkungan yang ada di sekitar sekolah untuk dikembangkan secara optimal. ", Ungkap Henny Supolo, Ketua Yayasan Cahaya Guru. Diharapkan pelatihan ini menjadi awal pengembangan bagi para Guru Olah Raga untuk menerapkannya kepada siswa di sekolah serta kepada guru lain di lingkungan masing-masing.
 
reflexy
 
Refleksi dan Pembuatan Activity Plan
 
"Sangat banyak permainan baru dan cara baru dalam mengajar penjaskes yang diajarkan dalam pelatihan ini, sehingga pastinya siswa gembira dan suka", ujar Ibu Ellya, salah seorang guru dari SD Cipendeuy, Kabupaten Bandung Barat. Walaupun sekolahnya masih sangat minim sarana dan prasarana olahraga, pemanfaatan barang-barang di lingkungan dan cara mengajar yang kreatif, tentunya akan berujung pada prestasi siswa yang meningkat. Masing-masing guru dalam kelompok kecil, di akhir acara membuat refleksi mengenai apa yang diperoleh saat pelatihan dan bagaimana mengaplikasikannya di sekolahnya masing-masing.

rumah_ilmu

Simbolis penyerahan bantuan FIF untuk Rumah Ilmu
 
Di sela-sela acara pelatihan tersebut, FIF juga berkesempatan untuk mengunjungi Rumah Ilmu yang dikelola oleh Yayasan Nurani Dunia, yang diketuai oleh sosiolog handal Imam B. Prasodjo. Kunjungan tersebut bukan tanpa tujuan, namun untuk melakukan simbolis penyerahan bantuan FIF untuk pojok buku sebagai bagian bantuan dalam pembangunan Rumah Ilmu tersebut, sekaligus melihat salah satu sekolah yang telah dibantu oleh Yayasan tersebut di Purwakarta. Sekolah yang pernah dibantu oleh yayasan tersebut bahkan sudah ada lebih dari 10 wilayah Indonesia, sebut saja Jailolo di Ambon, Desa Matako Poso, Tanggul Angin Pasuruan, Desa merden Banjarnegara, Desa Kling dan Beurneud Aceh Besar, dan Rumpin Bogor. Dalam mewujudkan bantuan tersebut, sangat kentara dan terasa sekali bagaimana yayasan tersebut mengelola dan bersinergi dengan banyak pihak. Saling membantu dalam kebaikan.


So....Let's Go Sinergy...

Growing Together, Caring for Each Other

2016© YAYASAN CAHAYA GURU
DESIGN & DEVELOPMENT BY OTRO DESIGN CO.