23
Dec
2009
Pengelolaan Kelas dan Potensi Lingkungan
Post by: Admin

nias_praktek_air[YCG-Desember 2009] Salah satu kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh Yayasan Cahaya Guru (YCG) dalam meningkatkan  profesionalitas guru adalah Pelatihan Keterampilan Pengelolaan Kelas untuk tingkat SD sampai SMA. Salah satu karakteristik Pelatihan Keterampilan Pengelolaan Kelas yang dilakukan oleh YCG adalah selalu mengatikan materi pelatihan dengan potensi lingkungan yang ada di sekitar tempat pelaksanaan pelatihan atau lingkungan peserta pelatihan. Potensi lingkungan yang dimaksud di antaranya adalah tumbuhan, hewan, barang bekas, kehidupan masyarakat, peninggalan bersejarah, sungai, pantai, dan semua hal yang berada di sekitar lingkungan sekolah yang dapat dijangkau. Peserta pelatihan merasa, materi dan teknik pembelajaran yang diberikan "menjejak bumi", tidak sebatas teori.

Karakteristik lain yang merupakan ciri khas pelatihan yang dilakukan YCG  adalah  pelatihan dilakukan dalam bentuk kelas kecil dengan peserta sekitar 20-30 guru dan dipandu oleh dua orang fasilitator. Pada setiap akhir pelatihan akan selalu diakhir dengan refleksi dan pembuatan rencana aksi untuk penerapan hasil pelatihan di sekolah masing-masing.

Di samping itu, pelatihan ini menekankan keterlibatan peserta  selama pelatihan berlangsung, misalnya dalam pembuatan alat peraga pembelajaran, mempresentasikan hasil diskusi, membuat sosiodrama, membuat garis waktu peristiwa penting dalam mata pelajaran Sejarah, dan berbagai aktivitas pelatihan lainnya. Karenanya, tidak jarang dalam setiap pelatihan banyak peserta yang berkomentar: "Baru sekarang kami merasakan pelatihan seperti ini." "Kami tidak ngantuk, selalu ceria, karena kami ikut terlibat dalam seluruh kegiatan." "Materinya aplikatif dengan kondisi sekolah kami." "Tidak terpikirkan, ternyata barang yang sangat biasa seperti tutup botol bisa menjadi alat peraga pembelajaran yang menyenangkan."

ti_pel_aceh_korek_api

Pelatihan Keterampilan Pengelolaan Kelas di SDN 27 Banda Aceh

Dengan model pelatihan seperti ini, waktu seakan berjalan begitu cepat. Peserta merasa tidak cukup waktu untuk menuntaskan pelatihan sehingga tidak jarang peserta membawa pulang tugas pelatihan dan dikerjakan di rumah lalu diserahkan pada pertemuan berikutnya.

Sungguh ada kepuasan yang tak ternilai ketika mendengar cerita kepuasan para peserta selama mengikuti pelatihan dan cerita mereka ketika menerapkan dan berbagi hasil pelatihan kepada guru lain terhadap. AM

2016© YAYASAN CAHAYA GURU
DESIGN & DEVELOPMENT BY OTRO DESIGN CO.