23
Dec
2009
Dudin: Semua Target Tercapai
Post by: Admin

dudin_tunjuk_hasil_belajar"Setelah pelatihan pertama, saya langsung menerapkan apa yang didapatkan ketika pelatihan. Saya membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan meminta masing-masing kelompok mencari ikan kecil dengan jenis yang berbeda-beda," cerita Bapak Dudin. Ternyata, ikan-ikan tersebut dijadikan sebagai sarana penelitian dan pembelajaran untuk menguji adaptasi ikan yang terkait dengan mata pelajaran Ilmu Alam.

Tidak hanya itu, Bapak Dudin juga mengajak siswa untuk meneliti daun-daun yang ada di sekitar sekolah. Hasil penelitian tersebut tidak hanya dikaitkan dengan mata pelajaran Ilmu Alam, tetapi juga dikaitkan dengan mata pelajaran Matematika. "Saya meminta siswa untuk menghitung dan mengalikan tulang daun pada daun singkong lalu saya kaitkan dengan pelajaran Matematika," kata Bapak Dudin.

Yang lebih hebat lagi, sebelumnya hanya kejar target yang ditentutkan diknas tanpa memperhatikan proses, sekarang proses dan target yang ditentukan dapat tercapai. "Kalo dulu, saya hanya berpatokan pada buku agar target capaian yang ditentukan pemerintah dapat tercapai. Sehingga siswa kadang jenuh. Tapi sekarang, siswa saya ajak untuk mengamati dan lalu mencari penjelasan rincinya di buku. Dengan begitu target yang ditentukan pemerintah tercapai dan siswa pun senang, tidak bosan," papar Pak Dudin dengan senyum cerianya sambil memperlihatkan karya siswanya. AM

2016© YAYASAN CAHAYA GURU
DESIGN & DEVELOPMENT BY OTRO DESIGN CO.