21
Dec
2008
Pengelolaan Kelas: Belajar dari Tanaman
Post by: Admin

fif_website[YCG-Desember 2008] Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial bagi masyarakat, PT Federal International Finance (FIF) bekerjasama dengan Yayasan Cahaya Guru melakukan kegiatan pelatihan peningkatan profesionalitas guru dengan tema "Belajar Dari Tanaman". Pelatihan tersebut melibatkan 29 guru sekolah-sekolah binaan FIF yang berada di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Banten. Pelatihan ini dilakukan selama tiga hari, 18-20 Desembar 2008 yang bertempat di Wisma PKBI Jakarta .


Mengapa "Belajar Dari Tanaman"? Tema ini dipilih mengingat dalam pengelolaan kelas, setiap guru selayaknya dapat mengkaitkan antara semua potensi yang dimiliki lingkungan dengan kurikulum nasional yang sangat menekankan kompetensi siswa. Tanaman yang selalu ada di lingkungan kita semua merupakan sarana pembelajaran yang kaya dan tidak terbatas. Masalahnya selalu apakah guru bisa memanfaatkannya sebagai sumber belajar?

Sebagaimana tuntutan tema maka kegiatan pelatihan tidak hanya dilakukan di dalam ruang pelatihan, tetapi merupakan penggabungan antara kegiatan observasi dan percobaan di alam bebas dan ruang kelas. Model pelatihan seperti ini diharapkan tidak hanya membuat pelatihan menjadi lebih menyenangkan, tetapi juga bisa menjadi contoh yang dapat diterapkan oleh para guru di sekolah masing-masing.

Dalam observasi, para guru diajak ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Kampung Banjar Sari untuk melihat berbagai macam tanaman tanaman obat ataupun tanaman lindung. Lebih jauh, para guru diberikan praktek untuk memanfaatkan sampah lingkungan menjadi pupuk kompos. Hasil observasi dan praktek lapangan para guru menjadi sumber belajar yang dikaitkan dengan ilmu alam, bahasa, matematika dan ilmu sosial pada pelatihan pengelolaan kelas di hari berikutnya.

Bagaimana bisa memastikan para guru akan melakukan sesuatu untuk lingkungannya? Berikut adalah beberapa catatan rencana kerja yang dituliskan oleh para guru peserta Belajar dari Tanaman: "Akan kami tanamkan konsep belajar dari tanaman melalui program gugus untuk menanam apotek hidup atau tanaman obat keluarga yang dimulai dari sekolah kami sendiri," Dani Maryoto, S.Pd., SDN Kalianyar 01; "Menirukan model belajar dengan permainan pada kelas kecil pada pelatihan yang telah diberikan," Girinto Sasongko, SD Salaman Mloyo; dan banyak lagi rencana yang telah disusun oleh para peserta. AM
2016© YAYASAN CAHAYA GURU
DESIGN & DEVELOPMENT BY OTRO DESIGN CO.