23
Aug
2008
Pelatihan Ke-4 Kabupaten Purwakarta
Post by: Admin

 

pwkt_4_23_8_8_62_untuk_website_2[YCG-Agustus 08] Menindaklanjuti program pelatihan untuk guru SD dan MI di Kecamatan Maniis dan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawab Barat yang dilakukan sejak tahun 2007, YCG melakukan Pelatihan Pengelolaan Kelas tahap ke-4 pada 23 Agustus 2008. Kegiatan tetap dilakukan di Gedung Serba Guna PLN Cirata. Pada latihan ke-4 ini, peserta yang ikut serta sebanyak 104 orang guru dari 57 SD dan MI. Sejak awal, kegiatan ini terselenggara atas kerja sama KPP Al-Izhar, Yayasan Pena Hijau, PJB BPWC-PT PLN, dan Yayasan Nurani Dunia.

Dalam pelatihan ini, terlihat adanya peningkatan dari para peserta dibandingkan dengan pelatihan sebelumnya. Peningkatan terlihat dengan semakin banyaknya peserta yang membawa alat peraga yang mereka buat sendiri dan dibuat oleh siswa. Tentunya, alat peraga tersebut tidak terlepas dari pelatihan-pelatihan sebelumnya yang terus mendorong para peserta untuk selalu berkreasi agar peserta didik tetap bersemangat.

alat_peraga_untuk_web_copy_2

Terlihat bahwa peserta telah banyak membawa alat peraga untuk berbagai mata pelajaran. Yang menarik, sebagian besar alat peraga tersebut terkait dengan mata pelajaran matematika yang pada pelatihan tahap ke-1 menjadi momok bagi para guru. Suatu hasil yang tidak diperkirakan sebelumnya.

Dari alat peraga yang dibawa, terlihat bahwa beberapa guru telah siap untuk berbagi kepada guru lain baik di sekolah sendiri atau sekolah lain. "Kami telah mencoba menyampaikan apa yang telah kami dapatkan selama pelatihan pada forum gugus sekolah, namun waktunya tidak mencukupi. Kami berharap diberikan waktu yang lebih panjang oleh kepala sekolah untuk berbagi dengan guru lain," ungkap Bapak Hendi Mulyana, dari Kecamatan Maniis. Memang dukungan dan dorongan kepala sekolah kepada para guru yang selama ini mengikuti pelatihan sangat penting untuk teresebarnya pengetahuan dan pengalaman yang perlu diketahui oleh para guru.AM

2016© YAYASAN CAHAYA GURU
DESIGN & DEVELOPMENT BY OTRO DESIGN CO.