28
Jun
2008
Pelatihan Guru Binaan PT Total Indonesie
Post by: Admin

 

total_peserta_aktif[YCG - 28 Juni 2008] Pelatihan guru binaan PT Total Indonesie merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial PT Total Indonesie kepada masyarakat. Pelatihan yang dilakukan selama lima hari, pada 23 - 27 Juni 2008 di Wisma PKBI ini diikuti oleh 62 orang guru binaan PT Total Indonesia yang berasal dari daerah bencana seperti Aceh, Yogyakarta, Pangandaran, dan Balikpapan.

Model pelatihan yang diberikan merupakan penggabungan antara observasi lapangan dan pelatihan di kelas. Kegiatan observasi dilakukan dengan berkunjung ke Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP IPTEK), Museum Air Tawar, dan Museum Serangga TMII. Selain itu sebagai perbandingan model pembelajaran, para peserta juga diajak untuk melihat kegiatan pembelajaran di Sekolah Alam Cinganjur, Jakarta. Kegiatan observasi yang dilakukan pada hari pertama dan kedua ini tidak hanya untuk studi lapangan dan studi banding, tetapi juga sebagai hiburan bagi guru-guru yang pertama kali datang ke Jakarta.

Mulai pada hari ketiga, pelatihan lebih dipusatkan di dalam kelas, meskipun dalam beberapa kegiatan kelompok dan observasi dilakukan di halaman. Pada hari ketiga, pelatihan diisi dengan materi pengenalan dan penanggulangan trauma dengan pembicara dari Yayasan Pulih.

Pada hari keempat, materi pelatihan dipusatkan pada pelatihan Pengelolaan Kelas dengan Menggunakan Potensi Lingkungan. Selama sehari penuh para peserta diberikan beberapa cara dan tips yang bisa dikembangkan dalam proses pembelajaran di sekolah masing-masing. Materi dibagi dalam empat sesi yang disesuaikan dengan mata pelajaran di Sekolah Dasar, yaitu: Matematika, IPA, IPS, dan Bahasa. Meski pembahasan dilakukan terpisah sebagaimana mata pelajaran di sekolah, tetapi peserta juga diajak untuk memahami bahwa setiap mata pelajaran saling berkaitan. Dan saat guru bisa mengkaitkannya dengan menyenangkan maka siswa akan terus bersemangat mengikuti pelajaran-pelajaran tersebut.

Hari ke lima, 27 Juni 2008, merupakan refleksi terakhir dan pematangan perencanaan pribadi dan sekolah. Sebagai catatan, penulisan perencanaan pribadi dan diskusi serta kesepakatan perencanaan sekolah merupakan bagian penting dari pelatihan ini. Setidaknya, dari kumpulan perencanaan ini, pihak penyelenggara bisa menangkap secara kongkrit seberapa jauh pelatihan ini memenuhi tujuan penyelenggaraannya.

Selain dilakukan pada siang hari, kegiatan juga dilakukan pada malam hari. Selama empat malam, para guru diajak untuk melakukan refleksi terhadap program yang dilakukan pada siang hari. Kegiatan refleksi disertai dengan diskusi, pelatihan penulisan dan pembuatan perencanaan pribadi sebagai bagian dari pemahaman yang ditangkap oleh peserta.

total_hsp_cut

Ibu Henny Supolo dan Ibu Tjut Putri

Meskipun dilakukan selama lima hari, para peserta baik yang muda dan usia lanjut tetap antusias sampai penutupan. Hal ini terlihat dari tingkat kehadiran peserta yang tidak pernah absen dan tepat waktu, kecuali beberapa peserta yang sakit.

Semangat peserta sepertinya termotivasi oleh materi yang mereka dapatkan selama pelatihan. Pada akhir acara, berbagai komentar dari para peserta yang menunjukkan kepuasan karena mereka merasa bahwa baru sekarang dia mendapatkan pelatihan seperti ini. Dengan tetesan air mata wujud rasa haru, Ibu Tjut Adja Putri (60 tahun), guru SDN 27 Banda Aceh mengatakan: "Meskipun usia saya sudah lanjut dan baru mendapatkan pelatihan seperti ini, saya berjanji akan mengembangkannya kepada guru muda."

2016© YAYASAN CAHAYA GURU
DESIGN & DEVELOPMENT BY OTRO DESIGN CO.